Contoh Program Kerja Bidang PIP yang Sangat Direkomendasikan

Salam Ukhwwah!

Mimin mau berbagi contohya program kerja pengkajian ilmu pengetahuan. Mungkin bagi kalian yang baru mengenal IPM, bingung dengan sistem dari keorganisasian IPM.

Artikel ini ditujukan untuk kamu yang pusing untuk menentukan program kerja bidang pengkajian ilmu pengetahuan. Yuk... langsung saja. Cekedot ;)




1). Mading Jaman Now


Di sini kalian bisa eksplor kemampuan terpendam kalian. Bukan hanya dituntut untuk berjiwa pemimpin tapi juga harus cerdas.


Kalian bisa isi mading dengan berbagai topik. Misal, berita sekolah, meme comik, tips & trik, curhatan alay, atau artikel-artikel lainnya.

Dulu, waktu saya masih di PIP. Pengen banget di madingnya itu ada sebuah tanya jawab, seperti konsultasi fiqih. Nanti, di dekat mading ada kotak kecil untuk mengajukan pertanyaan seputar fikih. Kemudian dijawab oleh beberapa guru agama di sekolah.

Sayangnya pada saat ide itu muncul masa kandidat saya sudah habis. Mau bagaimana lagi? Ya sudah. Jika ini ide bagus untuk diterapkan di mading anda. Silahkan, dengan senang hati.

2). Lomba Karya Tulis


Dari lomba ini akan ada keuntungan dari peserta maupun panitia. Pasalnya, jika peserta lomba cukup banyak, kalian bisa untuk mencetak buku dari tulisan para kontributor.

Kemudian dari buku itu kalian jual. Lumayan bisa untuk menambah uang kas ipm kan? :)

3). Motivasi Training
Program kerja ini sangat cocok untuk ditujukan pada siswa yang bermasalah. Seperti, tukang bolos, selalu membuat onar, alpa yang terlalu banyak, geng tawuran, dll. Kalian bisa kerja sama dengan kesiswaan untuk menjalankan program kerja ini. Atau bisa kalian beri nama program kerja ini dengan MABIT (malam bina iman dan takwa)

4).Bedah Buku

Program kerja ini terbilang susah, karena mendatangkan penulis itu butuh biaya yang cukup menguras dompet. Ett... nanti dulu. Kan ada lomba karya tulis.

Tiga besar dari lomba karya tulis tersebut harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Berikan kesempatan kepada mereka untuk membedah dan mensharing tentang karyanya di program kerja bidang PIP ini.

Jika beginikan lumayan. Program kerja terlaksana dan hasil memuaskan tanpa mengeluarkan uang kas ipm hehe.

5). Sanggar Seni
Melihat dari banyaknya siswa yang ingin belajar kesenian, tapi tidak ada ruang. Maka ini tempat berekpersinya mereka. Bidang PIP harus memberikan wadah untuk pada kader-kader kece.

Dari sanggar seni inilah yang nantinya sangat dibutuhkan untuk acara-acara besar sekolah. Seperti pensi, perpisahan, milad muhammadiyah, dll.

6). Study Banding Antar Pelajar Kece

Untuk mengembangkan minat bakat siswa. Program ini harus dijalankan dengan sangat apik dan tertata. Bidang pengkajian ilmu pengetahuan harus cerdas dalam hal tersebut.
Tidak harus yang besar-besar. Yang kecil-kecilpun tak masalah, asalkan sering dikerjakan. Seperti, sparing tim futsal, tim basket, dll.

7). LKS (Lomba Kompetensi Siswa)
Contoh program kerja ipm bidang PIP ini ditujukan untuk SMK. Kalian bisa bekerja sama dengan masing-masing kepala program kejuruan untuk menjalankan program kerja bidang pengkajian ilmu pengetahuan ini.

8). Kelas Literasi
Demi terwujudnya generasi literasi yang disematkan dalam musywil PW IPM Jawa barat ke - 18 kemarin. Literasi ialah kemampuan penulisan. Program ini nanti saling berkaitan dengan program kerja lainnya seperti mading, lomba karya tulis, blog for all, dll yang mengandung kepenulisan.

Kalian bisa bekerja sama dengan guru-guru bahasa indonesia dan guru yang paham literasi.

9). Kajian Ilmiah
Kajian ilmiah juga sangat penting untuk wawasan kader-kader kece. Minimal satu bulan sekali atau seminggu sekali, kalian bisa sesuaikan waktunya sendiri.

Program kerja ini kalian bisa kemas dengan acara morning spiritual gathering (MSG) coffe morning end tradisional food. Enjoykan? Ngopi sambil mengkaji ilmiyah :D

10). Blog For All

Memang deh anak Ipmawan-Ipmawati itu kece-kece :D blog ini buah dari program Blog For All PR IPM SMK Muhammadiyah Haurgeulis tahun 2015/2016. Sampai sekarang masih aktif dengan adminnya yang kece badai :D

Dan blog ini sudah diserahkan ke beberapa pengurus IPM terbaru. Turun-temurun. Jadi bisa saling bersilaturahmi di blog ini :D
Terbuktikan ini Blog For All :D

Tetap bersemangat ya... Ade-ade :)

0 Response to "Contoh Program Kerja Bidang PIP yang Sangat Direkomendasikan"

✓ Jangan Lupa anda tinggalkan comment,karena Comment kalian Berharga Bagi saya
✓ Jika Blog ini Bermanfaat maka tidak ada salahnya untuk anda Share
✓ Manusia Jaman Sekarang Lebih Suka Membaca Informasi di Internet
✓ Jangan Fokus untuk memiliki Blog yang bagus,Fokuslah dalam membuat / Memposting konten konten / artikel artikel yang Bermanfaat